Sarana adalah semua benda yang digunakan dalam kegiatan
belajar mengajar agar, teratur, efektif dan efisien sehingga tujuan pendidikan
dapat tercapai. Sarana di paud dapat berupa
alat peraga, alat bermain, buku-buku, gambar-gambar, perabot, alat elektronika,
dsb.
Tujuan
Sarana di lembaga PAUD:
1. Meningkatkan ketrampilan, kemampuan dan perkembangan
anak
2. Memperjelas dalam memperagakan konsep, ide atau
pengertian tertentu
3. Menentukan keinginan anak
4. memberikan
kesempatan pada anak berlatih memecahkan masalah
5. Mengaktifkan semua pancaindra anak
6. Memberikan motivasi dan merangsang anak untuk
bereksplorasi (menjelajah) dan mereksperimen (mengadakan percobaan)
7. Mengembangkan
kemandirian pada anak
8. Memberian
kegembiraan dan kesenangan kepada anak
Fungsi
Sarana di lembaga PAUD:
1. Menciptakan situasi belajar / bermain yang
menyenangkan bagi anak untuk melakukan berbagai kegiatan
2. Menimbulkan rasa percaya diri pada anak. Karena
keberhasilan yang diperolehnya sehingga membentuk citra diri anak yang positif
3. Membantu anak didik dalam pembentukan perilaku dan
pengembangan kemampuan dasar
4. Memperkecil dan menghilangkan kebiasaan anak yang
kurang baik
5. Memberikan kesempatan kepada anak untuk
bersosialisasi dan berkomunikasi / berinteraksi dengan lingkungan
6. Memupuk disiplin dan rasa tanggungjawab anak
Ruang
lingkup sarana lembaga PAUD mencakup:
1.
Sarana / alat bermain di
dalam kelas
2.
Sarana / alat bermain di
luar kelas
Prinsip
dasar sarana PAUD
1.
Aman dan tidak membahayakan
bagi anak
2.
Sesuai dengan tujuan dan
fungsi penggunaan sarana tersebut
3.
Memenuhi unsur keindahan dan
kerapihan (estetika)
4.
Menarik, menyenangkan dan
tidak membosankan
5.
Dapat digunakan secara
individual, kelompok atau klasikal.
6.
Dapat menimbulkan
kreativitas anak
Pengadaan
sarana di PAUD dapat dilakukan dengan cara:
a.
Membeli
b.
Membuat
c.
Memanfaatkan
lingkungan
Penggunaan
sarana di lembaga PAUD
1.
Perencanaan.
sebelum menggunakan sarana,
guru harus memperhatikan :
a.
Melihat rkh yang dibuat
b.
Metode yang dipakai
c.
Memperhatikan
pengorganisasian kelas (kelompok, individu, klasikal)
d.
Menentukan sarana yang
dipakai
e.
Menyiapkan/mengadakan sarana
yang ditentukan
2.
Pelaksanaan
penggunaan sarana
a.
Disesuaikan dengan metode /
teknik penyajian
b.
Yang berbahaya guru harus
mengawasi
c.
Selama kegiatan alat harus
dijaga kebersihan, kesehatan, kerapian dan keamanannya
Pengelolaan sarana di lembaga PAUD
Sarana di lebaga paud
bermanfaat secara maksimal apabila dikelola dengan tepat dan baik. Hal yang harus diperhatikan adalah:
a.
Pengorganisasian sarana.
1)
Pengaturan pemakaian; disesuaikan dengan jumlah anak, jumlah sarana
2)
Pengaturan waktu; sesuai dengan kbm
3)
Pengaturan penempatan; Diluar kelas/alat main diluar. Didalam kelas/5 sudut.
Sarana harus diatur
sedemikian rupa sehingga menarik minat anak
b.
Penyimpanan
a. Memperhatikan sifat bahan tersebut (kayu, esi,
kertas)
b. Tempat aman dan bebas penyebab kerusakan
c. Cara penyimpanan harus memperhatikan jenis sarana
tersebut.
misal : buku ® di rak buku (mudah dicari)
Pemeliharaan/Perawatan
A. Waktu pemeliharaan.
·
Pemeliharaan sehari
(dibersihkan, rusak kecil segera diperbaiki)
·
Pemeliharaan berkala
(perbaikan dan pembersihan secara menyeluruh)
-
Pemeliharaan sewaktu-waktu
(bocor/rusak mendadak B. Bahan
Memperhatikan bahan. misal : dari kayu, logam, plastik, kain, gelas.
Masing-masing memerlukan perawatan yang berbeda