Entri Populer

Senin, 14 Oktober 2013

PENGELOLAAN SARANA PAUD

Sarana adalah semua benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar agar, teratur, efektif dan efisien sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Sarana di paud dapat berupa alat peraga, alat bermain, buku-buku, gambar-gambar, perabot, alat elektronika, dsb.
Tujuan Sarana di lembaga PAUD:
1. Meningkatkan ketrampilan, kemampuan dan perkembangan anak
2. Memperjelas dalam memperagakan konsep, ide atau pengertian tertentu
3. Menentukan keinginan anak
4.  memberikan kesempatan pada anak berlatih memecahkan masalah
5. Mengaktifkan semua pancaindra anak
6. Memberikan motivasi dan merangsang anak untuk bereksplorasi (menjelajah) dan mereksperimen (mengadakan percobaan)
7.  Mengembangkan kemandirian pada anak
8.  Memberian kegembiraan dan kesenangan kepada anak

Fungsi Sarana di lembaga PAUD:
1.    Menciptakan situasi belajar / bermain yang menyenangkan bagi anak untuk melakukan berbagai kegiatan
2.    Menimbulkan rasa percaya diri pada anak. Karena keberhasilan yang diperolehnya sehingga membentuk citra diri anak yang positif
3.    Membantu anak didik dalam pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar
4.    Memperkecil dan menghilangkan kebiasaan anak yang kurang baik
5.    Memberikan kesempatan kepada anak untuk bersosialisasi dan berkomunikasi / berinteraksi dengan lingkungan
6.    Memupuk disiplin dan rasa tanggungjawab anak

Ruang lingkup sarana lembaga PAUD mencakup:
1.    Sarana / alat bermain di dalam kelas
2.    Sarana / alat bermain di luar kelas

Prinsip dasar sarana PAUD
1.    Aman dan tidak membahayakan bagi anak
2.    Sesuai dengan tujuan dan fungsi penggunaan sarana tersebut
3.    Memenuhi unsur keindahan dan kerapihan (estetika)
4.    Menarik, menyenangkan dan tidak membosankan
5.    Dapat digunakan secara individual, kelompok atau klasikal.
6.    Dapat menimbulkan kreativitas anak

Pengadaan sarana di PAUD dapat dilakukan dengan cara:
a.    Membeli
b.    Membuat
c.    Memanfaatkan lingkungan
Penggunaan sarana di lembaga PAUD
1.    Perencanaan.
sebelum menggunakan sarana, guru harus memperhatikan :
a.    Melihat rkh yang dibuat
b.    Metode yang dipakai
c.    Memperhatikan pengorganisasian kelas (kelompok, individu, klasikal)
d.    Menentukan sarana yang dipakai
e.    Menyiapkan/mengadakan sarana yang ditentukan
2.    Pelaksanaan penggunaan sarana 
a.    Disesuaikan dengan metode / teknik penyajian
b.    Yang berbahaya guru harus mengawasi
c.    Selama kegiatan alat harus dijaga kebersihan, kesehatan, kerapian dan keamanannya
Pengelolaan sarana di lembaga PAUD
Sarana di lebaga paud bermanfaat secara maksimal apabila dikelola dengan tepat dan baik. Hal yang harus diperhatikan adalah:
a.    Pengorganisasian sarana.
1)    Pengaturan pemakaian; disesuaikan dengan jumlah anak, jumlah sarana
2)    Pengaturan waktu; sesuai dengan kbm
3)    Pengaturan penempatan; Diluar kelas/alat main diluar. Didalam kelas/5 sudut.
Sarana harus diatur sedemikian rupa sehingga menarik minat anak
b.    Penyimpanan
a.    Memperhatikan sifat bahan tersebut (kayu, esi, kertas)
b.    Tempat aman dan bebas penyebab kerusakan
c.    Cara penyimpanan harus memperhatikan jenis sarana tersebut.
   misal : buku ® di rak buku (mudah dicari)

Pemeliharaan/Perawatan

A.    Waktu pemeliharaan.
·         Pemeliharaan sehari (dibersihkan, rusak kecil segera diperbaiki)
·         Pemeliharaan berkala (perbaikan dan pembersihan secara menyeluruh)
                      -         Pemeliharaan sewaktu-waktu (bocor/rusak mendadak 
B.    Bahan
Memperhatikan bahan. misal : dari kayu, logam, plastik, kain, gelas.
Masing-masing memerlukan perawatan yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar